Jumat, 24 Februari 2012

Mengenal Solar Water Heater


Solar water heater adalah pemanas air yang mengandalkan panas matahari untuk memanaskan airnya sehingga bisa disebut pemanas air tenaga matahari.  Komponen utama dari soalr water heater ini adalah:

Water Heater
1.Kolektor penyerap panas, yaitu jumlah luas area yang tersedia untuk menyerap energy matahari.
2.Tangki penyimpanan, yaitu tempat untuk menyimpan air yang telah dipanaskan dari kolektor penyerap pemanas. Agar efisien dan efektif, tempat penyimpanan air panas ini dibungkus dengan lapisan isolasi yang sempurna agar panas tidak terbuang, sama seperti konsep termos untuk air panas.

Sekali terpasang, pemanas air jenis ini nyaris tanpa perawatan dan tidak keluar biaya operasional apapun lagi karena cukup disinari matahari saja. Oleh karena itu, bagi yang rumahnya besar, anggota keluarganya banyak sangat cocok memasang pemanas air matahari terlebih-lebih bagi kita yang tinggal di sekitar khatulistiwa yang sepanjang tahun selalu mendapat sinar matahari yang mencukupi.

Solar water heater tidak mencemari lingkungan karena solar water heater tidak menggunakan karbon dioksida, nitrogen oksida, sulfur dioksida dan zat lainnya, berbeda ketika Anda menggunakan pemanas air menggunakan listrik atau bahan bakar lainnya. (Mew)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar